Palogan Gundu Permainan Anak Indonesia

palogan gundu permainan anak indonesia


Palogan Gundu Permainan Anak Indonesia

Permainan palogan gundu ini berasal dari tanah Betawi kemudian merambah ke seluruh Nusantara. Permainan ini biasanya di mainkan oleh anak-anak yang masih SD (sekolah dasar) permainan ini cukup mudah namun sangat mengasikkan. Permainan ini biasanya di mainkan oleh 2 orang anak atau lebih.


Peralatan yang di butuhkan untuk bermain Palogan gundu ialah balok kayu yang berukuran 1,5meter  lebar 20cm kemudian tinggi 15cm. Balok kayu tersebut di namakan palogan sedangkan gundu tersebut kelereng. Jarak uang di gunakan untuk bermain Palogan gundu sebagai berikut. Jarak palogan dengan pemukul sekitar 4meter, sedangkan palogan dengan pemasangan gundu tersebut 1,5meter, kemudian jarak antara gundu yang satu dengan yang lain kurang lebih 10cm. Kemudian jarak antara pemain dan gundu kurang lebih 2,5cm


Cara bermain palogan gundu ialah langkah pertama menentukan pemain yang terlebih dahulu main dengan cara pingsut atau hompimpa. Setelah sudah menemukan pemain yang main dulu misalkan si A bermain dahulu kemudian si B harus menata gundu. Begitu juga sebaliknya jika si B bermain maka si A harus menata gundu. Jika sentilan gundu mengena maka pemain akan mendapatkan bayaran dari lawan yaitu gundu-gundu tersebut.


Jika tidak ada yang mengenai gundu maka permainan ini harus di ulang seperti awal kembali. Nah sangat mudah bukan bermain Palogan gundu ini.
Semoga bermanfaat yuk bantu share..

0 Response to "Palogan Gundu Permainan Anak Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel